Kamis, Mei 30, 2024

Ajak Masyarakat Pilah Sampah, Pemkot Tangerang Luncurkan Armada Sampah Terpilah

TANGERANGMERDEKA – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Tangerang yang ke-30 Tahun, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Lingkungan Hidup menyelenggarakan sejumlah acara yang digelar bersamaan dengan kegiatan Car Free Day di Kawasan Tugu Adipura, Kecamatan Tangerang, Minggu, 19 Februari 2023.

Salah satu acara yang digelar adalah Launching Armada Sampah Terpilah yang bertujuan untuk memfasilitasi serta mendukung program pemilahan sampah. Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah yang hadir didampingi Wakilnya, Sachrudin dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota Tangerang tersebut mengungkapkan bahwa dengan memilah sampah, pengolahan dan pemanfaatan sampah menjadi lebih mudah sehingga mendorong terwujudnya lingkungan yang bersih dan asri.

“Alhamdulillah di acara Car Free Day ini sambil kita olahraga biar tetap sehat kita juga bisa launching truk armada sampah terpilah sekaligus edukasi tentang pentingnya memilah sampah untuk menjaga lingkungan. Karena salah satu yang mendukung kita agar tetap sehat adalah lingkungan yang sehat dan nyaman. Karena itu kita terus dorong masyarakat ikut menjalankan pemilahan sampah dan kini kita bantu dukung dengan diluncurkannya tiga truk armada sampah terpilah ini yang terdiri dari truk sampah organik, sampah anorganik dan sampah residu,” terang Wali Kota.

Baca Juga :  Urus Adminduk di Kota Tangerang Lewat Online, Bisa Sambil Rebahan

Arief menambahkan, edukasi pemilahan sampah tersebut terus dilakukan oleh Pemkot Tangerang bahkan dari sejak usia dini melalui program Sekolah Adiwiyata agar senantiasa tercipta lingkungan yang bersih dan hijau .

“Ya disini juga hadir ya para guru dan murid-murid dari sekolah-sekolah termasuk sekolah adiwiyata. Saya berpesan kepada bapak ibu-guru semua agar membimbing murid-murud dalam melaksanakan program-program sekolah adiwiyata seperti penanaman pohon, membuat sumur biopori, termasuk memilah sampah. Agar pengalaman dan pelajaran ari sekolah adiwiyata tersebut dapat dibawa ke rumah masing-masing sehingga akan membentuk lingkungan masyarakat yang asri dan nyaman,” imbuhnya.

Baca Juga :  Hendry Zein Ikut Seleksi Calon Direktur PT TNG, 'Bertarung' Bersama 9 Peserta Lainnya

Dalam kegiatan tersebut, Pemkot Tangerang juga memberikan sejumlah penghargaan kepada sekolah adiwiyata di Kota Tangerang bagi untuk tingkat kota dan tingkat provinsi serta penghargaan untuk kampung proklim terbaik. Pemkot juga memberikan penghargaan kepada 3 bank sampah terbaik dan juga sertifikat kepada 3 perusahaan swasta yang menjalankan program proper dan taat sepakat di Kota Tangerang.

“Kami apresiasi sebesar-besarnya kepada para pecinta lingkungan di Kota Tangerang atas dedikasi-dedikasinya dalam menjaga kelestarian lingkungan di Kota Tangerang. Termasuk peusahaan perusahaan yang telah mengikuti program proper terimakasih semoga dengan lingkungan kerja yang semakin nyaman bisa jadi semakin produktif,” tukas Arief.

Sebagai informasi, Pemkot Tangerang memberikan penghargaan Adiwiyata tingkat Kota keoada SMPN 33 Kota Tangerang, SD Fellycia dan SMPK Penabur. Sedangkan untuk tingkat Provinsi diberikan kepada SMPN 10 Kota Tangerang. SMPN 25 Kota Tangerang dan SDN Karang Tengah 6.

Baca Juga :  Aliansi Buruh Banten Bersatu akan Kepung Kantor Bupati Tangerang, Desak Kadisnaker Dicopot

Untuk Penghargaan Kampung Proklim Kategori Utama – Juara 1 berhasil diraih RW 006 Kelurahan Kunciran Indah, Kecamatan Pinang. Kategori Nindya – Juara 2 diraih RW 003 Kelurahan Nambo Jaya, Keccamatan Pinang dan Kategori Madya – Juara 3 diraih oleh RW 011 Kelurahan Karang Tengah, Kecamatan Karang Tengah,

Selanjutnya untuk penghargaan Bank Sampah juara pertama diraih oleh Bank Sampah Bunga Raya, Kelurahan Gebang Raya, Kecamatan Periuk. Juara Kedua diraih Bank Sampah Asri Kelurahan Kunciran Indah, Kecamatan Pinang dan Juara Ketiga diraih oleh Bank Sampah Kenanga, Kelurahan Pedurenan, Kecamatan Karang Tengah.

Sedangkan Penghargaan Proper Hijau & Taat sepakat diraih oleh PT Pertamina Parra Niaga-Regional JBB Shafthi. Dan untuk Proper Biru & Sepakat taat diraih oleh PT Gajah Tunggal dan PT Bumi Tangerang Mesindotama. (Air)

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKUTI SOSIAL MEDIA KAMI

766FansSuka
1,620PengikutMengikuti
945PengikutMengikuti
iklan

Berita Populer

Berita Hari Ini