Senin, Juni 17, 2024

Aliansi Buruh Banten Bersatu akan Kepung Kantor Bupati Tangerang, Desak Kadisnaker Dicopot

TangerangMerdeka – Massa buruh yang tergabung dalam Aliansi Buruh Banten Bersatu (AB3) akan menggelar unjuk rasa di Kantor Bupati Tangerang pada 5 Juni 2024.

Aksi demo jilid II tersebut digelar dalam rangka mencabut Surat Edaran (SE) Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Tangerang Nomor 560/3464/-Disnaker/2023 lantaran dianggap akan memberangus serikat pekerja.

Selain itu, unjuk rasa juga akan dilakukan dengan mendesak dicopotnya Rudi Hartono dari jabatannya sebagai Kadisnaker Kabupaten Tangerang.

Presidium AB3 Dedi Sudarajat mengatakan, pihaknya telah melakukan konsolidasi ihwal aksi unjuk rasa jilid II ini.

“Kita kecewa sama Rudi Hartono sebagai Kadisnaker Kabupaten Tangerang. Ini sudah jelas seperti pemberangusan serikat pekerja,” ujarnya, Rabu, 29 Mei 2024.

Menurut Ketua KSPSI Banten ini, SE yang diterbitkan Disnaker Kabupaten Tangeran tersebut bertentangan dengan UU No 21 Tahun 2000 tentang Serikat Pekerja (SP/SB) juncto nya Kemenaker No.PER-16/MEN/2001 tentang tata cara Pendaftaran Serikat Pekerja.

“Artinya SE yang telah diterbitkan Disnaker ini telah kangkangi peraturan pemerintah pusat, jelas ngaco ini,” jelasnya.

Dedi menyatakan, massa AB3 sepakat akan menggelar aksi unjuk rasa lebih besar pada 5 Juni 2024 mendatang dengan melibatkan puluhan ribu buruh serta akan didukung massa buruh dari Jawa Barat dan Jakarta.

“Sekali lagi tuntutannya masih sama, minta kepada Bupati Tangerang segera Cabut SE Disnaker. Copot dan tangkap Kadisnaker dan Kepala Bidang HI Kabupaten Tangerang yang sudah membuat kegaduhan di Kabupaten Tangerang,” tegasnya.(Red)

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKUTI SOSIAL MEDIA KAMI

766FansSuka
1,620PengikutMengikuti
945PengikutMengikuti
iklan

Berita Populer

Berita Hari Ini