Senin, Februari 26, 2024

Aplikasi Peduli Lindungi Diubah jadi SatuSehat Mulai 28 Februari 2023

TANGERANGMERDEKA – Aplikasi Peduli Lindungi yang dioperasikan untuk membantu penanganan pandemi Covid-19 akan diubah aplikasi SatuSehat.

Ya, sejak PPKM dicabut, aplikasi Peduli Lindungi seolah tak lagi berguna. Terlebih, masyarakat tak perlu lagi melakukan scanning Peduli Lindungi untuk masuk ke area publik. Efeknya, banyak yang bingung atau bahkan menghapus aplikasi tersebut, karena dirasa sudah tak berguna.

Chief Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Setiaji mengimbau masyarakat untuk tidak meng-uninstall aplikasi Peduli Lindungi yang mereka miliki. Sebab, aplikasi ini akan diubah menjadi One Health atau SatuSehat yang bisa digunakan masyarakat.

Baca juga: Aplikasi Shopee Error, Ini Penjelasannya

Nantinya, aplikasi ini bisa memantau kesehatan pemiliknya. Bukan hanya yang berkaitan dengan Covid-19, tapi juga semua penyakit yang diderita pasien.

“Gak perlu di-uninstall. Kita akan change jadi SatuSehat, kemudian diharapkan gak perlu di-uninstall, karena akan banyak manfaat di sana,” kata Setiaji dikutip pada Senin, 20 Februari 2023.

Dia mengungkapkan, ada banyak keuntungan yang bisa didapat masyarakat. Salah satunya penukaran vitamin secara cuma-cuma.

Dalam aplikasi tersebut akan disediakan platform berapa langkah sehari. Jika sudah mencapai lima ribu langkah, maka pemilik akan mendapat poin.

Baca juga: Cara dan Syarat Membuat KIA Online di Tangerang

“Kumpulkan poinnya, nanti kalau sudah berapa poin bisa ditukar jadi vitamin,” ungkapnya.

Aplikasi ini juga akan menjadi rujukan medis bagi pasien. Dalam aplikasi akan tercatat track penyakit apa hingga vaksin apa saja yang sudah diterima pasien.

“Jadi bisa menjadi catatan medis tiap orang. Nantinya bisa dicek oleh dokter juga. Satu aplikasi untuk semua,” kata dia.

Lebih lanjut, Setiaji menyebut Peduli Lindungi yang berubah menjadi SatuSehat ini akan segera diluncurkan. Paling lambat akan meluncur pada 28 Februari mendatang.

“Kita akan launching 28 Februari. Jadi SatuSehat Mobile. Artinya lebih luas, bukan hanya Covid-19 tapi semua penyakit akan tercover di sana,” pungkasnya.(Red)

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKUTI SOSIAL MEDIA KAMI

766FansSuka
1,620PengikutMengikuti
945PengikutMengikuti
iklan

Berita Populer

Berita Hari Ini