Minggu, Juni 16, 2024

Cara Dapat Bantuan Motor Listrik Rp 7 juta

TANGERANGMERDEKA – Pemerintah akhirnya secara resmi mengumumkan bantuan untuk konsumen pembeli kendaraan listrik yang akan berlaku mulai 20 Maret 2023.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menjelaskan, jumlah motor listrik yang bakal mendapat bantuan pemerintah sebanyak 200.000 unit, mobil sebanyak 35.900 unit, dan bus listrik 138 unit.

Selain itu, pemerintah juga memberikan bantuan kepada 50.000 unit motor berbahan bakar konvesional untuk dikonversi ke motor listrik.

Baca Juga : Banjir Tak Kunjung Reda, Tiga Remaja Tewas Tersengat Listrik di Tanjung Burung Tangerang

Perlu dicatat untuk mobil, tidak berlaku untuk semua model. Agus menegaskan, ada dua model yang bakal mendapatkan bantuan dari pemerintah, yakni yang sudah melakukan produksi di dalam negeri.

“Untuk kendaraan roda empat mobil di mana kita semua ketahui bahwa sekarang ada 2 produsen Hyundai Ioniq 5 dan Wuling itu kami usulkan untuk sejumlah 35.900 unit kendaraan diberikan bantuan pemerintah sampai Desember 2023. Untuk bus kami usulkan sejumlah 138 unit sampai Desember 2023,” terang Agus dalam konferensi pers Insentif Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai seperti dikutip dari detik.com, Senin, 6 Maret 2023.

Lihat Juga : 4 Maling Motor di Neglasari Tangerang Ditangkap

Adapun pemberian bantuan pemerintah untuk pembelian motor listrik sebesar Rp 7 juta. Itu berlaku untuk pembelian motor baru dan juga konversi motor. Sementara untuk kendaraan roda empat dan bus listrik belum disebutkan merinci.

Cara Dapat Bantuan

Adapun jika tertarik membeli, kata Agus, masyarakat bisa mendatangi dealer motor listrik dengan membawa KTP. Pihak dealer akan memeriksa NIK calon pembeli, apakah berhak mendapatkan bantuan atau tidak. Dalam hal ini, satu NIK hanya berhak mendapatkan subsidi untuk satu unit motor.

“Calon pembeli datang dan dealer akan memeriksa NIK pada KTP. Di situ akan dilihat apakah dia berhak mendapat bantuan, apabila setelah dicek dalam sistem mereka memang berhak mendapat bantuan maka pembeli akan langsung mendapat potongan harga,” kata Agus.

Lihat Juga : Gratis, Pendaftaran Balai Latihan Kerja Tangerang Angkatan 2023 Siap Dibuka

Selanjutnya, kata Agus, pihak dealer akan menginput data sesuai prosedur dan mengajukan klaim subsidi ke bank Himbara.

“Bank Himbara memeriksa kelengkapan, apabila semua selesai, Himbara akan membayar penggantian insentif ke produsen. Jadi bantuan ini diberikan ke produsen,” imbuhnya.

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKUTI SOSIAL MEDIA KAMI

766FansSuka
1,620PengikutMengikuti
945PengikutMengikuti
iklan

Berita Populer

Berita Hari Ini