Kamis, Mei 30, 2024

Cilegon Targetkan Investasi 2023 Sebesar Rp 13 Triliun

TangerangMerdeka, – Pemkot Cilegon menargetkan investasi pada tahun ini sebesar Rp.13 triliun. Target tersebut meliputi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) maupun Penanaman Modal Asing (PMA).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu (DPMPTSP) Kota Cilegon Tb Dendi Rudiatna menjelaskan, sampai dengan bulan ketiga 2023 memang belum ada laporan data investasi yang masuk.

Namun, secara fakta di lapangan sudah banyak industri yang melakukan pembangunan dan pengembangan.

Baca Juga :  Dikukuhkan, Cilegon jadi Daerah Pertama di Banten yang Mendirikan Persatuan Pensiunan Indonesia

“Biasanya nanti setelah semester pertama atau kedua laporannya akan masuk,” kata Dendi, seperti dirilis Dinas Kominfo Kota Cilegon, Kamis, 9 Maret 2023.

Menurutnya, data investasi masuk itu biasanya diterima dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI. Ini karena banyak industri yang menempuh perizinan langsung ke pusat.

“Industri pengolahan kimia masih mendominasi investasi di Kota Cilegon, seperti Lotte dan Chandra Asri,” jelas Dendi.

Baca Juga :  Jelang Mudik Lebaran 2023, Jalan Rusak di JLS Cilegon akan Diperbaiki

Bahkan, kata Dendi, berdasarkan perizinan investasi yang dilaporkan ke pemerintah pusat, untuk Chandra Asri saja  nilai investasinya dalam jangka panjang mencapai Rp70 triliun.

“Tapi tidak sekaligus. Mereka buat multi years atau direalisasikan bertahap setiap tahunnya,” kata dia.

Selain industri pengolahan kimia, tambah Dendi, ada juga industri pelabuhan yang tengah dikembangkan PT Krakatau Bandar Samudera (KBS), serta PT Indoraya Tenaga, anak perusahaan PT Indonesia Power Suralaya.

“Di samping itu juga ada pengembang perumahan yang tengah melakukan pengembangan atau penambahan unit. Kalau pengembang baru belum ada. Hanya pengembang lama yang menambah unit dan itu juga investasinya lumayan,” ujarnya.

Baca Juga :  Kukuhkan 265 Relawan Pemadam Kebakaran, Wali Kota Cilegon Ingkatkan Bahaya Kebakaran

Analis Pengendalian Investasi DPMPTSP Kota Cilegon Tonny Irawan mengaku optimistis target investasi tahun ini akan tercapai sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Selama tiga tahun ke belakang, pencapaian investasi Kota Cilegon selalu over target. Oleh karena itu kami optimistis tahun ini juga akan melebihi target,” katanya.

Pada 2022, kata dia, target investasi di Kota Cilegon sebesar Rp9 triliun. Tetapi realisasinya lebih dari dua kali lipat, yakni mencapai Rp. 18 triliun.

“Padahal waktu itu masih pandemi covid-19, jadi di Kota Cilegon secara investasi tidak terdampak covid,” kata Tonny.

Baca Juga :  Pj Gubernur Banten Minta Baznas Optimalkan Peran untuk Pendapatan Zakat Ramadan 2023

Dikatakan, realisasi target investasi itu tidak lepas dari dukungan masyarakat, serta kebijakan Wali Kota Cilegon Helldy Agustian yang pro terhadap investor seperti percepatan perizinan dan pembinaan terhadap pegawai.

“Terkait pembinaan kepegawaian, kita selalu ditekankan untuk mendukung investasi. Tidak ada lagi yang macam-macam, termasuk pungutan diluar ketentuan. Lalu perizinan yang cepat itu selama sesuai SOP (standar operasional prosedur) data dan berkasnya lengkap baik secara administrasi maupun gambar-gambarnya Insya Allah cepat,” jelasnya. (Air)

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKUTI SOSIAL MEDIA KAMI

766FansSuka
1,620PengikutMengikuti
945PengikutMengikuti
iklan

Berita Populer

Berita Hari Ini