Sabtu, Juli 13, 2024

DKP Kota Tangerang Tambah Dua Pojok Uji Keamanan Pangan

TangerangMerdeka – Setelah membangun 11 Pojok Uji Keamanan Pangan, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) kini kembali membangun Pojok Uji Keamanan Pangan di dua pasar, yakni Pasar Plaza Baru dan Pasar Sawaswati Ciledug, Kamis, 11 Mei 2023.

Kepala DKP Kota Tangerang, Muhdorun mengungkapkan dengan penambahan dua lokasi ini, Kota Tangerang sudah memiliki 13 Pojok Uji Keamanan Pangan yang siap melayani masyarakat setiap harinya tanpa libur.

Layanan ini dapat dimanfaatkan para konsumen maupun para pedagang itu sendiri, untuk dapat langsung meminta pengujian pangan yang diperjual belikan secara gratis.

Baca Juga :  PMI Kota Tangerang Sosialisasi Kepalang Merahan Bagi Karyawan dan Relawan

Sedangkan untuk ruang lingkup Pojok Uji Keamanan Pangan ialah pengujian formalin pada Pangan Segar Asal Hewan (PSAH) dan pemeriksaan pemotongan halal pada unggas melalui bekas sayatan pada leher unggas.

“Pemberian fasilitas ini sesuai dengan undang-undang nomor 18 tahun 2012 tentang Pangan, Pemerintah berkewajiban menjamin penyelenggaraan keamanan pangan di setiap rantai pangan secara terpadu. Serta adanya Perda Kota Tangerang tentang Ketahanan Pangan dan Gizi. Salah satu caranya, dengan pemberian jaminan keamanan dan mutu pangan, sehingga kemurnian dan keamanan suatu produk dapat dipertanggungjawabkan,” papar Muhdorun.

Baca Juga :  PMI Kota Tangerang Sosialisasi Kepalang Merahan Bagi Karyawan dan Relawan

Lanjutnya, dengan layanan ini masyarakat bisa lebih cerdas dalam berbelanja produk bahan makanan di pasar-pasar Kota Tangerang. Karena memang produk pangan yang konsumsi harus terjamin keamanannya.

Tentu, tak selesai sampai disitu, DKP Kota Tangerang juga akan tetap rutin melakukan uji sampel pada pangan yang diperjual belikan. DKP secara berkala terus melakukan uji sampel diseluruh pasar di Kota Tangerang, untuk menghindari penggunaan bahan berbahaya.

Baca Juga :  PMI Kota Tangerang Sosialisasi Kepalang Merahan Bagi Karyawan dan Relawan

“Untuk melihat pencemaran residu pestisida, formalin atau kandungan lainnya pada pangan yang beredar di Kota Tangerang, harus dilakukan kewaspadaan dan pengawasan secara bersama-sama. Dalam pencegahan, DKP rutin melakukan uji sampel, menyediakan Pojok Uji Keamanan Pangan secara gratis, masyarakat pun diimbau untuk lebih cerdas dan berbelanja bahan pangan untuk keluarga di rumah,” jelasnya. (Air)

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKUTI SOSIAL MEDIA KAMI

766FansSuka
1,620PengikutMengikuti
945PengikutMengikuti
iklan

Berita Populer

Berita Hari Ini