Senin, Maret 4, 2024

Jamin Kehidupan Layak, Dinsos Kota Tangerang Optimalkan Program Rehabilitasi Sosial

TangerangMerdeka – Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangerang dalam mememberikan pelayanan kehidupan yang layak bagi masyarakatnya terus dilakukan. Termasuk, memberikan program rehabilitasi sosial bagi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) atau Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) atau para tuna sosial yang ada di Kota Tangerang.

Sub Koordinasi Rehabilitasi Dinsos Kota Tangerang, Jajat Fajar menuturkan, program rehabilitasi ini diberikan dalam bentuk pemberian ruang hidup yang layak, pelayanan kedaruratan sosial, pemberian bimbingan sosial, kerohanian, motivasi, serta pelatihan mental dan fisik kepada para tuna sosial yang ada di Kota Tangerang. Lanjutnya, program rehabilitasi ini dilakukan dengan cara mengoptimalisasi peran Rumah Singgah yang selama ini efektif dimanfaatkan oleh Dinsos Kota Tangerang.

Baca Juga :  Sambut Ramadan, Warga Komplek Garuda Teluknaga Gelar Bersih-bersih

“Program rehabilitasi sosial ini diberikan kepada seluruh tuna sosial yang selama ini terjaring oleh Dinsos Kota Tangerang. Lanjut, para tuna sosial yang terjaring akan dibawa dan direhabilitasi di Rumah Singgah untuk dilakukan berbagai kegiatan yang bersifat pemulihan, seperti program bimbingan sosial, kerohanian, dan motivasi. Tidak hanya itu, program rehabilitasi sosial juga diberikan dalam bentuk pelayanan kedaruratan yang akan disalurkan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RUSD) dan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Kota Tangerang,” ujar Sub Koordinasi Rehabilitasi Sosial, Jajat Fajar, Senin, (10/7/23).

Baca Juga :  Sambut Ramadan, Warga Komplek Garuda Teluknaga Gelar Bersih-bersih

Ia melanjutkan, Dinsos Kota Tangerang saat ini telah terbukti berhasil memberikan pelayanan terhadap para tuna sosial dari beragam latar belakang. Lewat Satuan Tugas (Satgas) Rumah Singgah yang selama ini dioptimalkan, Dinsos Kota Tangerang juga telah dinilai mampu memberikan pelayanan rehabilitasi sosial secara responsif, efektif, dan efesien.

“Program rehabilitasi sosial ini bertujuan mengembalikan keberfungsian para tuna sosial agar mereka dapat hidup kembali secara bermartabat serta diterima secara baik di lingkungan sosialnya masing-masing. Jadi, Dinsos Kota Tangerang akan menjamin rehabilitasi dilakukan sampai dalam keadaan pulih dan dinilai layak untuk kembali ke masyarakat,” lanjutnya.

Baca Juga :  Sambut Ramadan, Warga Komplek Garuda Teluknaga Gelar Bersih-bersih

Selain itu, program rehabilitasi sosial yang dilakukan Dinsos Kota Tangerang ini dinilai berhasil mengurangi jumlah tuna sosial yang ada di Kota Tangerang, serta sebagai langkah konkrit dalam mewujudkan keamanan, kenyamanan, dan ketentraman di lingkunngan Kota Tangerang pada umumnya. (Air)

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKUTI SOSIAL MEDIA KAMI

766FansSuka
1,620PengikutMengikuti
945PengikutMengikuti
iklan

Berita Populer

Berita Hari Ini