Senin, Juni 17, 2024

Layanan Gratis Enkapsulasi Arsip di Safari Pembangunan Kota Tangerang

TANGERANGMERDEKA – Safari Pembangunan yang tengah digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang ke-13 kecamatan, kini tengah hadir di Kelurahan Paninggilan Utara, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang, Kamis, 2 Februari 2023.

Pada agenda pagi, berbagai layanan masyarakat dan bazar UMKM pun dihadirkan, salah satunya dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) yang membuka layanan gratis enkapsulasi arsip.

Diketahui, enkapsulasi merupakan cara yang lebih tepat untuk memelihara arsip dengan cara menggunakan bahan pelindung, guna menghindarkan arsip dari kerusakan yang bersifat fisik. Dimana arsip kependudukan diimbau tidak lagi disimpan menggunakan teknik laminating.

Sub Koordinator Pembinaan Kearsipan, DPAD Kota Tangerang, Ani Sriwahyuni mengungkapkan proses enkapsulasi dilakukan langsung di stand DPAD. Dengan berkas yang bisa di enkapsulasi diantaranya ijazah, akta kelahiran, kartu keluarga, e-ktp, sertifikat dan dokumen penting lainnya.

“Kemarin di Kecamatan Cipondoh, respon dan antusiasnya cukup tinggi dengan lebih dari 50 warga kita layani, dengan sekitar 85 berkas kita enkapsulasi. Semua layanan enkapsulasi ini dipastikan gratis, bisa dimanfaatkan masyarakat tanpa dipungut biaya,” ungkap Ani.

Lanjutnya, Ani mengimbau bagi seluruh masyarakat Kota Tangerang untuk memanfaatkan layanan enkapsulasi ke-13 kecamatan ini, untuk menjaga dan merawat dokumen penting dengan teknik atau pun cara yang baik dan benar.

“Sehingga, dokumen penting yang dimiliki tidak rusak dengan penyimpanan yang salah. Ayo, datang ke lokasi Safari Pembangunan di masing-masing kecamatan kalian. Pantau jadwalnya di sosial media kecamatan atau Pemkot Tangerang,” jelas Ani.

Tak sekadar enkapsulasi, dalam Safari Pembangunan yang diketahui juga sebagai rangkian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-30 Kota Tangerang, DPAD juga menghadirkan layanan perpustakaan keliling, yang dapat dimanfaatkan masyarakat. Mulai dari anak-anak hingga orangtua.

“Ratusan buku dengan berbagai tema dibawa di mobil perpustakaan ini, sebagai fasilitas peningkatan minat baca masyarakat Kota Tangerang dimana pun dan kapan pun. DPAD Kota Tangerang, DPAD Pintar Penting,” seru Ani.

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKUTI SOSIAL MEDIA KAMI

766FansSuka
1,620PengikutMengikuti
945PengikutMengikuti
iklan

Berita Populer

Berita Hari Ini