Kamis, Mei 30, 2024

Mengenal Festival Cisadane, Event Legend Kebanggaan Kota Tangerang

TangerangMerdeka – Gelaran yang dinanti-nanti warga Kota Tangerang, Festival Cisadane telah hadir kembali dari 22 hingga 26 November. Diketahui, gelaran tersebut menjadi pesta rakyat yang bisa dirasakan semua golongan masyarakat.

Namun, apa sebenarnya Festival Cisadane ini? Apa pula daya tariknya, sehingga Festival Cisadane ini patut digelar rutin disetiap tahunnya, hingga dinobatkan sebagai salah satu event lawas kebanggaan Kota Tangerang.

Mengenal Apa Itu Festival Cisadane Kota Tangerang

Jika ditarik menurut garis sejarah, festival serupa sudah dilaksanakan sejak tahun 1700-an. Kala itu, festival ini dilaksanakan dalam rangka perayaan hari raya Peh Cun oleh masyarakat Tionghoa di sekitar Sungai Cisadane dengan berbagai ritual kebudayaan.

Baca Juga :  Ironis, Keluarga Ketua Komisi II DPRD Alami Layanan Buruk RSUD Kota Tangerang

Seiring berjalannya waktu festival yang satu ini semakin besar dan meriah, dan kini sudah dinantikan oleh banyak sekali orang karena keseruannya dengan nama Festival Cisadane.

Berawal dari festival yang identik dengan budaya masyarakat Tionghoa, Festival Cisadane kini menjelma sebagai satu perayaan masyarakat Tangerang atas keberagaman budaya yang ada di daerah tersebut.

Daya Tarik Festival Cisadane Kota Tangerang

Selain daya tarik budaya dan tradisi yang disajikan pada festival tersebut, banyak sekali hal lain yang menarik untuk dinikmati. Misalnya saja, pagelaran kesenian serta berbagai jenis lomba kreatif yang diadakan dan bisa diikuti seluruh elemen masyarakat.

Baca Juga :  Urus Adminduk di Kota Tangerang Lewat Online, Bisa Sambil Rebahan

Yang ikonik tentu saja lomba perahu naga yang mempertontonkan kerjasama dan sinergi setiap anggotanya dalam mendayung perahu untuk menjadi yang tercepat. Di sana tersirat bahwa kerjasama setiap elemen masyarakat bisa jadi kekuatan utama dari kota Tangerang, untuk terus berkembang tanpa meninggalkan akar budaya yang ada di sana.

Selain lomba adu cepat, di Festival Cisadane 2023 ini ada juga lomba arung jeram, pertunjukkan lampion air, festival band, mancing bareng, hingga penampila band-band nasional.

Baca Juga :  Aliansi Buruh Banten Bersatu akan Kepung Kantor Bupati Tangerang, Desak Kadisnaker Dicopot

Semua tersaji dalam satu gelaran akbar selama kurang lebih lima hari, dan bisa dinikmati secara luas oleh masyarakat Tangerang dan wisatawan yang datang ke sana.

Pelaksanaan Festival Cisadane Kota Tangerang 2023

Pada gelaran tahun 2023 ini, Festival Cisadane berlangsung dari 22 hingga 26 November. Di area Jembatan Berendeng, ratusan stand atau booth membentang sepanjang bantaran Sungai Cisadane, dengan ratusan stand mulai dari pelayanan masyarakat hingga UMKM dan sederet kuliner menarik khas Kota Tangerang.

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKUTI SOSIAL MEDIA KAMI

766FansSuka
1,620PengikutMengikuti
945PengikutMengikuti
iklan

Berita Populer

Berita Hari Ini