Senin, Juni 17, 2024

Pemkot Tangerang Raih Penghargaan Usai Berhasil Lampaui Target UHC Nasional

TangerangMerdeka – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dianggap berhasil dalam mewujudkan Cakupan Kesehatan Semesta atau Universal Health Coverage (UHC). Hal ini seiring diraihnya penghargaan dari BPJS Kesehatan yang dibagikan 8 di Balai Sudirman Jakarta, Selasa, 14 Maret 2023.

Wali Kota Arief R. Wismansyah yang ditemui seusai acara berharap penghargaan tersebut bisa memotivasi Pemerintah Kota Tangerang untuk terus memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada seluruh masyarakat.

Mendagri Tito Karnavian menyerahkan penghargaan kepada Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah yang telah berhasil dalam mewujudkan Cakupan Kesehatan Semesta atau Universal Health Coverage (UHC).

“Terima kasih atas kepercayaan pemerintah pusat, kota Tangerang mendapatkan UHC mudah-mudahan ini menjadi komitmen kami pemda untuk bisa memberikan pelayanan semesta bagi masyarakat Kota Tangerang, ” ujarnya.

UHC atau Cakupan Kesehatan Semesta sendiri merupakan amanah dari Inpres Nomor 1 tahun 2022 untuk mewujudkan target 98% penduduk Indonesia terlindungi kesehatannya melalui alokasi anggaran dan pembayaran iuran serta bantuan iuran yang didaftarkan oleh Pemerintah Daerah.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah (kiri) dan Kepala Dinkes Kota Tangerang dr Dini Anggraini (kanan) menunjukkan piagam penghargaan Cakupan Kesehatan Semesta atau Universal Health Coverage (UHC) dari BPJS Kesehatan.

“Tentunya hasil ini juga berkat dukungan banyak pihak, mulai dari masyarakat, BPJS dan juga DPRD yang telah mendukung program UHC di Kota Tangerang,” tuturnya.

Adapun untuk Kota Tangerang sendiri, capaian jaminan kesehatannya sudah diatas target UHC yaitu sebesar 99,04 % atau 1.854.936 peserta dengan 375.350 peserta adalah penerima program Pembayaran Bantuan Iuran melalui pendanaan APBD.

“Capaian UHC kota Tangerang 99,04% dan 375.350 pesertanya adalah PBI dari APBD,” terang Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr Dini Anggraini.

Penghargaan untuk Kota Tangerang setelah berhasil melampaui target nasional dalam pelaksanaan program UHC.

Sebagai informasi sebagai bentuk perhatian Pemerintah Kota Tangerang dalam pelayanan kesehatan, selama satu dasa warsa terakhir telah ada program Jaminan Kesehatan dan Pengobatan yang Dibiayai Pemerintah (Jabat Sehat) bagi seluruh masyarakat kota Tangerang. Masyarakat bisa memanfaatkan layanan tersebut secara cuma-cuma di 35 RS yang ada di kota Tangerang dengan catatan di kelas 3. (Air)

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKUTI SOSIAL MEDIA KAMI

766FansSuka
1,620PengikutMengikuti
945PengikutMengikuti
iklan

Berita Populer

Berita Hari Ini