Senin, Juli 22, 2024

Pengurus Perpustakaan Masyarakat di Kota Tangerang Dilatih Membuat Buket Bunga

TangerangMerdeka – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) menggelar kegiatan pelatihan membuat buket bunga yang diikuti puluhan pengurus perpustakaan masyarakat, berlangsung di Perpustakaan Daerah, Cikokol, Kota Tangerang, Selasa (29/8/2023).

“Kegiatan ini merupakan bagian dari program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) yang merupakan pelatihan dan pengetahuan yang bertujuan agar masyarakat bisa membuat suatu barang atau jasa berdasarkan materi yang sudah diberikan. Dan kali ini kita membuka pelatihan membuat buket bunga yang kini menjadi produk incaran masyarakat,” tutur Engkos Zarkasyi, Kepala DPAD Kota Tangerang.

Ia mengungkapkan pelatihan ini diikuti 30 peserta yang merupakan pengelola dan pengurus dari Perpustakaan Masyarakat di Kota Tangerang yang tertarik untuk mengikuti pelatihan tersebut. Dengan mengundang pemateri-pemateri yang suda berkecimpung di bisnis tersebut sejak lama, diantaranya Yuniar Islamiyati warga Kabupaten Tangerang yang memiliki usaha hantaran, serta Dina Rahmatina, warga asal Depok yang juga memiliki usaha jasa buket bunga.

“Para peserta yang datang ini kami sediakan alat beserta bahan untuk membuat buket bunga dan snacknya. Semua tanpa dipungut biaya (gratis), sehingga ini dapat dimanfaatkan masyarakat. Harapannya setelah diadakan pelatihan ini mereka bisa memulai usaha dibidang kerajinan buket bunga ini, atau bagi yang sedang merintis, bisa menambah pengetahuan baru dalam membuat buket bunga dan snack,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu peserta, Anggraeni, yang merupakan pengelola dari Perpustakaan Masyarakat di Kecamatan Ciledug, mengaku kegiatan ini sangat bermanfaat. Karena dapat menambah ide baru untuk yang ingin memulai usaha. Apalagi dirinya juga merupakan Ketua UMKM Kecamatan CIledug, dimana pelatihan ini bisa ia kembangkan bersama dengan pelaku usaha yang ingin menambah penghasilan di wilayahnya.

“Usaha buket bunga ini memang sudah sangat familiar dan banyak dimana-mana, sehingga ini sangat menjanjikan. Apalagi dengan modal sedikit, bisa membuat usaha buket bunga atau snack. Ini sangat bermanfaat kedepannya, nantinya ilmu yang didapat disini bisa saya bagikan juga ke teman-teman di perpustakaan dan UMKM di wilayah saya,” ucap Anggraeni.

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKUTI SOSIAL MEDIA KAMI

766FansSuka
1,620PengikutMengikuti
945PengikutMengikuti
iklan

Berita Populer

Berita Hari Ini