Selasa, Februari 27, 2024

Peran Aktif Dinkes Kota Tangerang saat Kepulangan Jamaah Haji di Asrama Haji Cipondoh

TangerangMerdeka – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang telah berperan aktif dalam mewujudkan pelayanan kesehatan masyarakat yang optimal. Salah satunya, Dinkes Kota Tangerang telah memberikan peran partisipasi secara penuh saat proses kepulangan jamaah haji di Asrama Haji Cipondoh, Kota Tangerang, yang baru pertama kali beroperasi tersebut.

Kepala Dinkes Kota Tangerang, dr. Dini Anggraeni menuturkan, Dinkes Kota Tangerang telah mengerahkan Bidang Kesehatan Masyarakat dan tenaga kesehatan untuk memberikan pelayanan penuh selama proses kepulangan Jamaah Haji Kloter 1 Kota Tangerang tersebut. Pelayanan tersebut berupa pengecekan sampel makanan ringan (snack) yang dibawa jamaah sebagai bekal dari Asrama Haji Pondok Gede Jakarta sebelum tiba di Asrama Haji Cipondoh kemarin.

“Bentuk dari pelayanan ini, khususnya pengecekan sampel makanan ringan yang dibawa jamaah, dilakukan dalam bentuk pengecekan kedua sampel, yakni roti dan kue pastry yang merupakan konsumsi jamaah selepas tiba di Asrama Haji Cipondoh Selanjutnya, pengecekan tersebut dilakukan dalam bentuk pemeriksaan mikrobiologi yang dilakukan di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Tangerang,” ujar Kepala Dinkes Kota Tangerang, Kamis, 6 Juli 2023.

Ia melanjutkan, pelayanan kesehatan berupa pengecekan sampel makanan tersebut dilakukan untuk memberikan kepastian keamanan pangan serta upaya hygiene-sanitasi sebagai langkah preventif mencegah hal-hal kesehatan yang tidak diinginkan. Lanjutnya, pelayanan kesehatan lainnya juga diberikan di Asrama Haji Cipondoh, seperti pelayanan monitoring, konsultasi, dan penyediaan beberapa ruangan khusus sebagai antispiasi jika ada jamaah yang kondisi kesehatannya terganggu.

“Proses pengecekan ini dilakukan untuk memberikan kepastian keamanan dan kenyamanan, khususnya kesehatan, sebagai bentuk pelayanan terbaik yang dapat diberikan Pemkot Tangerang, Dinkes Kota Tangerang, dan Asrama Haji Cipondoh kepada jamaah sebelum dilepas untuk berkumpul kembali bersama keluarga masing-masing,” lanjutnya.

Selain itu, Dinkes Kota Tangerang lewat Tenaga Kesehatan Haji Kloter (TKHK) Kota Tangerang selama masa haji berlangsung juga telah memberikan sumbangsih peran yang optimal, seperti monitoring, edukasi, visitasi, konsultasi, pengobatan, dan pengawasan kesehatan serta berkoordinasi dengan Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) dan Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) secara baik. (Air)

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKUTI SOSIAL MEDIA KAMI

766FansSuka
1,620PengikutMengikuti
945PengikutMengikuti
iklan

Berita Populer

Berita Hari Ini