Senin, Juli 22, 2024

Seni Budaya Cilegon Tampil di HUT Bogor ke-541, Walkot: Bangga

TangerangMerdeka – Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengaku bangga terhadap seni budaya Kota Cilegon yang turut diundang dan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Bogor ke-541, Minggu 4 Juni 2023.

Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon mempersembahkan Cilegon Etnik Carnival (CEC) dan seni tradisional pada Helaran Budaya Hari Jadi Bogor (HJB) yang digelar dari Balai Kota hingga Jalan Jenderal Sudirman Kota Bogor dengan disaksikan langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreative Sandiaga Salahudin Uno, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Wali Kota Bogor Bima Arya dan Wali Kota Cilegon Helldy Agustian.

Berdasarkan laman resmi Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Peringatan HJB ke-541 bertema Rumawat Pusaka Kota itu diramaikan dengan berbagai acara selama 2 hari yakni Sabtu hingga Minggu, 3 sampai 4 Juni 2023.

Hari pertama digelar rapat paripurna istimewa di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor, mengunjungi warga yang berulang tahun ke-17, peluncuran Maskot Kota Bogor dan gala dinner di Balai Kota. Hari kedua digelar Helaran Budaya dari Balai Kota hingga jalan Jenderal Sudirman dengan melibatkan 10 komunitas.

“Suatu kebanggaan bagi saya selaku Walikota Cilegon di undang (Pada peringatan HJB-red), karena dihadiri juga Pak Menparekraf (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreative, Sandiaga Salahudin Uno-red), Pak Gubernur Jawa Barat (Ridwan Kamil-red), Duta Besar Prancis (Fabien Penone-red) dan Walikota Kisarazu (Mr Yoshikuni Watanabe-red),” kata Wali Kota Cilegon Helldy Agustian sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon, Minggu 4 Juni 2023.

Dalam hal ini, Helldy mengaku sangat berkesan terlebih Kota Cilegon diberikan kesempatan untuk menampilkan tarian khas Kota Cilegon dan Cilegon Etnik Carnival.

“Suatu kebanggaan bagi Kota Cilegon dapat promosi dihadapan semua masyarakat Bogor. Yang menari juga pada senang,” ungkapnya.

Senada dikatakan, Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Cilegon Nelli Evalinda yang menerangkan bahwa kehadiran CEC dan seni tari khas Kota Cilegon pada event HJB ke-541 itu merupakan undangan langsung Wali Kota Bogor Bima Arya. “Ini permintaan Pak Wali Kota Bogor (Bima Arya-red) langsung ke Pak Wali (Helldy Agustian-red),” kata Nelli.

Pada event Helaran Budaya HJB itu, Nelli mengaku, pihaknya menampilkan 6 kostum multi ethnik yang menggambarkan kemajemukan Kota Cilegon sebagai Kota Industri diantaranya kostum garuda Bhineka Tunggal Ika, kostum golok Cilegon, kostum batik motif lesung, kostum mingakabau, kostum minahasa dan kostum tionghoa. CEC dan tarian tradisional yang dipersembahkan itu merupakan kolaborasi Disporapar dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Cilegon.

“Cilegon juga menampilkan tarian khas Kota Cilegon didepan panggung utama yang disaksikan langsung oleh Pak Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreative (Sandiaga Salahudin Uno-red), Pak Gubernur Jawa Barat (Ridwan Kamil-red), Pak Wali Kota Bogor (Bima Arya-red), termasuk dan Pak wali kota kita (Wali Kota Cilegon Helldy Agustian-red),” akunya.

Sementara itu, Kepala Dindikbud yang juga Plt Kepala Disporapar Kota Cilegon Heni Anita Susila mengatakan, pertunjukkan seni dan budaya pada momentum HUT kota Bogor merupakan trobosan cukup baik bagi promosi seni dan budaya khas Kota Cilegon,”Semoga seni dan budaya tradisional Cilegon dapat terus berkembang dan maju, sehingga jadi kebanggaan masyarakat Kota Cilegon,” katanya. (Air)

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKUTI SOSIAL MEDIA KAMI

766FansSuka
1,620PengikutMengikuti
945PengikutMengikuti
iklan

Berita Populer

Berita Hari Ini