Selasa, Februari 27, 2024

Setahun Berjalan, Sekolah Branding Diklaim Tingkatkan Mutu Pendidikan di Kota Tangerang

TangerangMerdeka – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Pendidikan (Disdik) tidak berhenti memberikan inovasi dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kota Tangerang. Diluncurkan sejak tahun kemarin, 2022, program Sekolah Branding berhasil menunjukkan hasil yang signifikan.

Kepala Disdik Kota Tangerang Jamaluddin mengungkapkan, program Sekolah Branding merupakan terobosan yang awalnya digagas untuk memberikan kemudahan bagi wali murid dalam menentukan pilihan sekolah bagi anak-anaknya pada saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Lebih lanjut, berfokus mengunggulkan ciri khas yang dimiliki, program Sekolah Branding kini telah berhasil mengakomodir 33 Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan 60 Sekolah Dasar (SD) di bawah naungan Disdik Kota Tangerang.

Ia melanjutkan, mekanisme yang berjalan dalam program Sekolah Branding juga tidak berjalan serampangan. Berbasis tahapan proses yang jelas, Disdik Kota Tangerang akan memberikan pendampingan dan pembekalan kepada pimpinan tiap sekolah dalam merumuskan ciri khas dan keunggulan yang akan dipilih.

“Kita akan terus mendorong agar sekolah-sekolah, baik negeri dan swasta, dapat menjadi Sekolah Branding dengan kekhasan dan keunggulan masing-masing. Sejalan dengan itu, kita terus akan memberikan pendampingan dan pembekalan, salah satunya seperti menghadirkan Kementerian Pendidikan, Riset, dan Teknologi, hingga Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan LPMP,” tutur Jamaluddin, Senin, 13 Maret 2023.

Seiring berjalannya waktu, Sekolah Branding telah menujukkan hasil yang konkrit, salah satunya melalui prestasi yang dicapai. Selain itu, berbagai ciri khas dan keunggulan juga telah terumuskan secara beragam, seperti akademik, olahraga, kesenian, digital, agama, dan rumusan-rumusan lain yang lebih spesifik.

“Terkait apa yang telah kita terapkan, ini membawa pengaruh yang sangat baik, mengingat program sekolah bisa disesuaikan dengan branding yang dipilih sehingga menciptakan output yang jelas. Seperti, SDN Kebon Besar 1 dengan branding agama-tahfidz, SDN Panunggangan 1 dengan branding sekolah digital, SDN Perumnas 1 dengan branding olahraga, SDN Kedaung Wetan 5 dengan branding seni-marching band, dst. Tidak hanya itu, beberapa sekolah juga telah mencetak prestasi hingga tingkat nasional berdasarkan manfaat diterapkannya Sekolah Branding ini,” tambahnya. (Air)

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKUTI SOSIAL MEDIA KAMI

766FansSuka
1,620PengikutMengikuti
945PengikutMengikuti
iklan

Berita Populer

Berita Hari Ini