Kamis, Mei 30, 2024

Soroti Pojok Baca, Ketua Komisi II DPRD Tangerang: Perlu Ada Wisata Literasi

TANGERANGMERDEKA – Ketua Komisi II DPRD Kota Tangerang Saeroji mendukung pengembangan literasi dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Dia pun menyoroti keberadaan pojok bacaan di Kota Tangerang. Menurutnya, persepsi terhadap keberadaan perpustakaan harus diubah.

“Kami sangat men-support terkait dengan membangkitkan kembali literasi. Selama ini literasi dipersepsikan menjadi sebuah tempat membaca perpustakaan yang nggak nyaman, adanya di pojok. Ini harus diubah. Jadi, harusnya nggak sebatas itu,” ujarnya saat dihubungi, Rabu, 15 Februari 2023.

Baca Juga :  Ironis, Keluarga Ketua Komisi II DPRD Alami Layanan Buruk RSUD Kota Tangerang

Hal itu juga diungkapkan dia saat menjadi narasumber dalam acara talkshow Festival Literasi yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menuturkan, implementasi fasilitas literasi di Kota Tangerang saat ini hanya sebatas pojok bacaan yang berada di ruang terbuka hijau maupun di lingkungan kantor kecamatan.

Hal itu dianggap belum efektif dalam meningkatkan minat baca masyarakat. Maka, fasilitas-fasilitas bacaan perlu dikembangkan. Bahkan, di daerah perlu diadakan wisata literasi.

Baca Juga :  Urus Adminduk di Kota Tangerang Lewat Online, Bisa Sambil Rebahan

“Literasi seharusnya untuk berbagai lintasan, dan dijadikan wisata literasi. Jadi, perpustakaan perlu dikembangkan, misalnya ada lab-nya, tempat kuliner ada bacaannnya, seperti di wisata Danau Cipondoh bagus itu kalau ada pengunjung sambil baca-baca,” tuturnya.

“Juga misalnya di sepanjang bantaran Cisadane yang perlu didesain, sehingga budaya membaca mulai tumbuh kembali,” imbuh Saeroji.

Saeroji mengatakan, sesuai dengan tupoksinya, DPRD akan melakukan intervensi dalam rangka mendukung pengembangan literasi.

“Seperti intervensi dalam hal men-support pelaksanaan anggaran. Lalu, kalau memang dalam pelaksanaan ada kendala, maka perlu payung hukum, kita buat perda,” jelasnya.

Baca Juga :  4 Pelaku Curanmor di Neglasari Tangerang Ditangkap

Dia menambahkan, pemerintah daerah harus untuk berupaya mencerdaskan kehidupan bangsa. “Saya juga ada usul, bila perlu kalau anak sekolah yang mau masuk SMP harus sudah membaca buku seperti yang tidak hanya buku mata pelajaran, tapi buku seperti budaya dan teknologi. Terus guru juga perlu baca buku agar kapasitasnya terus di-upgrade,” pungkasnya. (Air)

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKUTI SOSIAL MEDIA KAMI

766FansSuka
1,620PengikutMengikuti
945PengikutMengikuti
iklan

Berita Populer

Berita Hari Ini