Senin, Juli 22, 2024

Warga Cipondoh Ikut Pelatihan Barista, Cara Mengolah Kopi hingga Menjalankan Bisnisnya

TangerangMerdeka – Sejumlah warga Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang khususnya kalangan anak muda mengikuti pelatihan barista yang digelar Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Banten.

Gelaran ini berkolaborasi dengan Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Cipondoh Indah, di Balai Warga RW 02, Kelurahan Cipondoh Indah, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Selasa (25/6/24).

Kepala UPTD Pelatihan Kerja Disnakertrans Provinsi Banten Heryanto menyatakan, pelatihan barista dari Provinsi Banten ini berlangsung di delapan titik, dua di antaranya di Kota Tangerang. Yakni, di Kelurahan Cipondoh Indah dan Kelurahan Sukasari.

“Tak sekadar pelatihan secara materi, dalam kegiatan ini peserta dibekali pelatihan cara mengolah kopi hingga menjalankan bisnis kopi yang dimulai dari bawah itu seperti apa. Dua peserta terbaik, akan diberikan satu set alat kopi untuk memulai bisnisnya, membuka usaha sendiri, dengan harapan lahir pengusaha kopi muda dari pelatihan ini,” ungkap Heryanto, usai membuka acara.

Kata Heryanto, pelatihan serupa juga diketahui dimiliki Disnaker Kota Tangerang. Dengan itu, ia mengimbau masyarakat Kota Tangerang untuk lebih aktif mencari informasi ragam pelatihan gratis yang diberikan Pemkot Tangerang maupun Provinsi Banten.

“Sehingga, akan terus lahir pengusaha-pengusaha muda dari pelatihan gratis yang dihadirkan pemerintah. Tak hanya pelatihan barista, juga sering dibuka pelatihan menjahit, desain grafis, hingga otomotif. Jadi, ayo lebih aktif dalam mencari informasi, dan ambil kesempatannya untuk membuka peluang hidup yang lebih baik,” katannya.

Sementara itu, Pengurus LPM Cipondoh Indah Akiem menuturkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan pemerintah untuk pengembangan anak-anak muda di Kecamatan Cipondoh, khususnya Cipondoh Indah. Antusias pendaftar cukup tinggi, hampir 25 peserta dengan ragam umur memanfaatkan kesempatan ini.

“Kami dari LPM Cipondoh Indah juga berupaya melakukan pendampingan atau ruang diskusi lanjutan untuk pengembangan ilmu-ilmu yang telah diberikan pada pelatihan ini. Bagaimana, berupaya mempermudah langkah atau semangat anak muda untuk membuka bisnis sesuai minat bakat yang mereka geluti,” katanya.

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKUTI SOSIAL MEDIA KAMI

766FansSuka
1,620PengikutMengikuti
945PengikutMengikuti
iklan

Berita Populer

Berita Hari Ini