Senin, Juli 22, 2024

Asyik! Aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Kota Tangerang Sudah Bisa Lewat Sistem iOS

TangerangNerdeka – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang terus melakukan upaya intensitas partisipasi masyarakat dalam aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD). Terbaru, Disdukcapil Kota Tangerang menjelaskan bahwa aktivasi IKD saat ini sudah dapat dilakukan dengan menggunakan sistem iOS (Iphone/Apple).

Kepala Disdukcapil Kota Tangerang, Irman Pujahendra menuturkan, IKD sebelumnya hanya bisa diaktivasi menggunakan Playstore milik sistem Android. Namun, setelah kerja sama antara Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri RI) dan pihak Apple terjalin, peningkatan aktivasi IKD dilakukan dengan mengakomodasi pelayanan menggunakan aplikasi IKD yang ada pada Appstore di sistem iOS versi 11.0 atau lebih.

“Saat ini telah terjadi pembaharuan layanan bahwa aktivasi IKD sudah bisa dilakukan di gawai-gawai, khususnya iOS by Iphone/Apple yang selama ini terhambat. Prosesnya juga sama, tinggal download aplikasi IKD di Playstore, dilanjutkan isi form pengajuan, scan QR pada Operator Dukcapil dan Kecamatan, password dikirim via email yang didaftarkan, lalu tuntas, IKD dapat digunakan,” ujar Kepala Disdukcapil Kota Tangerang, Irman Pujahendra, Rabu, 21 Juni 2023.

Ia melanjutkan, aktivasi IKD saat ini penting untuk segera dilakukan. Mengingat, IKD dibekali beberapa kelebihan fitur, seperti file KTP-el dan Kartu Keluarga (KK) secara digital, sehingga mempermudah verifikasi tanpa harus membawa fisik KTP atau KK. Ditambah, terdapat fitur informasi tambahan, seperti vaksinasi COVID-19, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, hingga daftar pemilih tahun 2024 yang sangat dibutuhkan untuk Pemilihan Umum (Pemilu) depan.

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Tangerang untuk segera memanfaatkan kesempatan yang dihadirkan lewat stand-stand pelayanan yang digelar di tiap wilayah. Apalagi, prosesnya yang sangat mudah, fiturnya yang lengkap, serta sudah bisa dilakukan lewat semua gawai, termasuk yang bersistem iOS,” tambahnya.

Sejalan dengan itu, Disdukcapil Kota Tangerang berharap partisipasi masyarakat dalam melakukan aktivasi IKD di Kota Tangerang ini terus meningkat. Terlebih, saat ini aktivasi IKD Sudah bisa dilakukan di semua gawai, baik yang menggunakan sistem Android maupun sistem iOS. (Air)

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKUTI SOSIAL MEDIA KAMI

766FansSuka
1,620PengikutMengikuti
945PengikutMengikuti
iklan

Berita Populer

Berita Hari Ini