Kamis, Mei 30, 2024

Pascalebaran, Dinkes Kota Tangerang Ajak Warga Cek Gula Darah Gratis di Puskesmas

TangerangMerdeka – Opor ayam, rendang, semur daging, nastar, adalah beberapa jenis masakan khas Lebaran di Indonesia, tak terkecuali Kota Tangerang. Namun, sayangnya makanan ini bukan tergolong sebagai makanan sehat. Meskipun kandungan nutrisinya banyak, namun beberapa kandungan yang berlebihan seperti santan, garam, lemak, dan kolesterol adalah pemicu berbagai penyakit.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak orang yang akan mengeluhkan masalah kesehatan usai merayakan hari Lebaran. Untuk berjaga-jaga, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mengimbau atau mengajak masyarakat, untuk melakukan pemeriksaan kesehatan setelah Lebaran.

Baca Juga :  Aliansi Buruh Banten Bersatu akan Kepung Kantor Bupati Tangerang, Desak Kadisnaker Dicopot

Kepala Dinkes Kota Tangerang, dr Dini Anggraeni mengungkapkan ada baiknya masyarakat segera memanfaatkan layanan kesehatan di 38 Puskesmas di Kota Tangerang, yakni dengan melakukan pemeriksaan gula darah secara gratis. “Yuk, kunjungi puskesmas atau klinik kepesertaan BPJS anda. Melakukan pemeriksaan gula darah, cek kolesterol dan cek asam urat,” imbau dr Dini, Rabu, 26 April 2023.

Ia pun menuturkan, tes gula darah secara rutin dapat membantu kita mengetahui kondisi kesehatan dan mengendalikan diabetes. Tidak ada salahnya melakukan pemeriksaan kesehatan yang berhubungan dengan kolesterol, gula darah maupun tekanan darah.

Baca Juga :  Ironis, Keluarga Ketua Komisi II DPRD Alami Layanan Buruk RSUD Kota Tangerang

“Dengan mengetahui hasil pemeriksaan, tentunya kamu bisa mencegah penyakit yang dialami semakin memburuk dengan pengobatan yang tepat oleh dokter. Jadi, lebih baik mengetahui diawal atau mencegah, dari pada mengobatin sesuatu yang sudah memburuk,” tegas dr Dini.

Kata dr Dini, usai medical check up, masyarakat juga bisa melakukan beberapa hal untuk menjaga agar tubuh tetap sehat setelah Lebaran. Diantaranya, tidak makan berlebihan dan memperhatikan jumlah asupan yang dikonsumsi. Minum air putih yang cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Batasi asupan makanan berlemak ataupun berminyak, termasuk gorengan.

Baca Juga :  Urus Adminduk di Kota Tangerang Lewat Online, Bisa Sambil Rebahan

“Ini yang sedikit sulit dilakukan banyak orang, yaitu aktif bergerak dan melakukan olahraga ringan minimal 15 menit sehari. Tapi ada baiknya, lakukan sedikit olahraga di rumah, untuk kesehatan dan kebugaran kita. Sehingga, badan siap untuk kembali beraktvitas seperti sebelum Lebaran atau puasa,” katanya. (Air)

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKUTI SOSIAL MEDIA KAMI

766FansSuka
1,620PengikutMengikuti
945PengikutMengikuti
iklan

Berita Populer

Berita Hari Ini