Kamis, Mei 30, 2024

Pastikan Aman Dikonsumsi, Dinkes Kota Tangerang Sidak dan Cek Sampel Takjil

TangerangMerdeka – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke lokasi penjual makanan berbuka puasa alias takjil. Sidak ini untuk memeriksa keamanan kandungan dalam makanan takjil sehingga dapat dipastikan sehat dan higienis untuk dikonsumsi.

Kepala Dinkes Kota Tangerang Dini Anggraeni mengatakan, ada empat yang dicek pada sidak makanan takjil ini, yaitu kandungan boraks, formalin, rhodamin, dan metanil yellow.

Baca Juga :  Ironis, Keluarga Ketua Komisi II DPRD Alami Layanan Buruk RSUD Kota Tangerang

“Jika dari sampel takjil yang diambil ditemukan empat kandungan tersebut, petugas akan melakukan tindakan lanjutan,” kata dia, Kamis, 30 Maret 2023.

Sidak makanan takjil pada Rabu, 29 Maret 2023, berlangsung kepada pedagang di kawasan kuliner Pasar Lama Kota Tangerang. Menurutnya, secara keseluruhan sidak dilakukan di enam kecamatan.

Di mana di masing-masing lokasi dicek sampel sekitar 25 jenis makanan takjil atau minuman, seperti kikil bakar, otak-otak, mi goreng, cincau, lontong, dimsum, dan kue cubit.

Baca Juga :  Urus Adminduk di Kota Tangerang Lewat Online, Bisa Sambil Rebahan

Dini mengatakan, sidak makanan takjil akan berlangsung satu pekan ke depan, dengan sasaran 13 kecamatan wilayah Kota Tangerang.

Melalui kegiatan ini, lanjutnya, diharapkan pedagang tidak menjual makanan takjil dengan kandungan bahan yang tidak diperbolehkan.

“Kegiatan ini sebagai langkah melindungi masyarakat, konsumen, atau pembeli makanan takjil supaya merasa aman dengan apa yang mereka konsumsi,” kata Dini.

Baca Juga :  4 Pelaku Curanmor di Neglasari Tangerang Ditangkap

Dini mengatakan, bahan berbahaya dalam pangan, jika dikonsumsi, bisa jadi efeknya tidak secara langsung dirasakan. Namun, jika dikonsumsi secara terus-menerus, dapat memicu persoalan kesehatan.

Sidak yang dilakukan Dinkes diharapkan dapat mengedukasi masyarakat. “Ini sebagai edukasi kepada pedagang maupun pembeli untuk harus berhati-hati berjualan atau membeli,” pungkasnya. (Air)

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKUTI SOSIAL MEDIA KAMI

766FansSuka
1,620PengikutMengikuti
945PengikutMengikuti
iklan

Berita Populer

Berita Hari Ini