Kamis, Mei 30, 2024

Waspada Penularan Flu Singapura, Begini Imbauan Dinkes Kota Tangerang

TangerangMerdeka – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang mengimbau masyarakat mewaspadai penularan hand, foot and mouth disease (HFMD) atau flu singapura, khususnya pada anak-anak berusia di bawah 10 tahun.

Kepala Dinkes Kota Tangerang dr. Dini Anggraeni menjelaskan, penyakit ini cepat menular jika tidak dilakukan pencegahan secara cepat dan tepat. Penyebaran virus HFMD atau flu singapura dapat melalui kontak kulit, udara, pernapasan, cairan dari blister atau benjolan kecil, atau tinja penderita, serta makan dan minum bersama.

Baca Juga :  4 Pelaku Curanmor di Neglasari Tangerang Ditangkap

”Penularan juga dapat terjadi melalui cairan atau droplet dari hidung maupun tenggorokan yang keluar saat bersin, mengeluarkan air liur, atau ludah yang terlempar ke udara saat batuk,” terang dr. Dini, Selasa (23/4/24).

Selain berpotensi menular pada anak usia di bawah 10 tahun, menurut dia, tidak menutup kemungkinan dapat terjadi pada anak remaja dan dewasa.

Baca Juga :  Ironis, Keluarga Ketua Komisi II DPRD Alami Layanan Buruk RSUD Kota Tangerang

”Gejala yang timbul umumnya ringan seperti demam, munculnya demam yang berlangsung satu sampai dua hari, rash atau ruam pada kulit, dan benjolan kecil di telapak kaki, tangan, dan mukosa mulut,” katanya.

Penderita flu singapura, kata dia, juga mengalami kurang nafsu makan, lesu, dan nyeri tenggorokan, sehingga butuh asupan makanan yang tidak terlalu keras dan mudah dicerna.

“Dengan ini, kami imbau untuk tetap melakukan PHBS seperti cuci tangan menggunankan sabun dan menggunakan masker. Jangan lupa bagi warga yang sehat diimbau menggunakan masker saat berada di area publik,” imbaunya.

Baca Juga :  Hendry Zein Ikut Seleksi Calon Direktur PT TNG, 'Bertarung' Bersama 9 Peserta Lainnya

”Jika merasakan gejala mengarah HFMD, segera lakukan pemeriksaan ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan pengobatan gejala dan konsultasi tata laksana perawatan di rumah. Sebab, belum ada obat untuk pengobatan dan pencegahan HFMD,” tutup dr. Dini.

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKUTI SOSIAL MEDIA KAMI

766FansSuka
1,620PengikutMengikuti
945PengikutMengikuti
iklan

Berita Populer

Berita Hari Ini