Senin, Maret 4, 2024

Meningkat Drastis, Gebyar Pelayanan Efektif Melayani Warga Cibodas Tangerang

TANGERANGMERDEKA – Camat Cibodas, Kota Tangerang, Buceu Gartina menyebutkan terjadi peningkatan drastis jumlah pelayanan di enam kelurahan maupun kecamatan Cibodas selama kegiatan “Gebyar Pelayanan” yang dilaksanakan sejak awal Januari 2023.

Ia mengatakan berdasarkan data laporan pelaksanaan pelayanan administrasi terpadu kecamatan (Paten) hingga tanggal 27 Januari 2023 tercatat ada 2.834 laporan pelayanan yang telah dilaksanakan.

Jumlah tersebut meningkat tajam dibandingkan periode November 2022 sebanyak 1.015 pelayanan dan Desember 2022 ada 1.276 pelayanan

“Selama tiga bulan sejak November hingga Januari, ada peningkatan drastis laporan pelayanan selama periode Januari 2023. Hal ini karena Kecamatan Cibodas menggelar Gebyar Pelayanan di enam kelurahan secara serentak, termasuk akhir pekan,” kata Buceu di Kantor Kecamatan Cibodas, Senin, 30 Januari 2023.

Baca Juga :  Sambut Ramadan, Warga Komplek Garuda Teluknaga Gelar Bersih-bersih

Buceu menambahkan dari sembilan jenis pelayanan administrasi terpadu kecamatan (Paten), ada lima jenis pelayanan yang alami peningkatan yakni pengajuan E-ktp ada 848 pelayanan, perekaman e-ktp baru ada 256 pelayanan, e-ktp yang sudah dicetak ada 283 pelayanan, pengajuan kartu keluarga ada 945 pelayanan dan kartu identitas anak ada 586 pelayanan.

Sementara itu untuk empat jenis pelayanan lainnya juga alami peningkatan seperti pelayanan surat pindah keluar ada 94 permohonan, surat pindah datang ada 69, dispensasi nikah hingga surat keterangan waris.

Baca Juga :  Sambut Ramadan, Warga Komplek Garuda Teluknaga Gelar Bersih-bersih

“Secara garis besar semua pelayanan alami peningkatan, namun khusus untuk administrasi kependudukan memang sangat tajam. Artinya, banyak masyarakat yang terbantu dengan pelaksanaan Gebyar Pelayanan ini,” ujarnya.

Program Gebyar Pelayanan, lanjut Buceu, dilaksanakan setiap Senin – Kamis di enam kelurahan termasuk kecamatan. Pada pelaksanaanya, Kecamatan Cibodas bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

“Tujuannya adalah agar warga tertib administrasi dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Hasil evaluasi di lapangan, banyak warga yang terbantu dan akhirnya memiliki dokumen kependudukan lengkap,” katanya.

Baca Juga :  Sambut Ramadan, Warga Komplek Garuda Teluknaga Gelar Bersih-bersih

Lalu untuk Sabtu dan Minggu, Kecamatan Cibodas menggelar “Gebyar Pelayanan” di Alun-Alun Cibodas dengan menyediakan sejumlah layanan seperti perizinan, pembayaran dan konsultasi pajak, vaksinasi COVID-19, pasar murah hingga vaksin hewan gratis. Gebyar Pelayanan ini pun dianggap efektif melayani warga.

“Kami bekerja sama dengan sejumlah OPD setiap akhir pekan dalam menyediakan layanan publik ini. Antusiasnya sangat tinggi dan membantu masyarakat. Banyak warga yang berolahraga dan juga membayar pajak PBB-P2. Bahkan, pasar murah oleh Bulog akhir pekan lalu juga ramai dikunjungi,” ujarnya.

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKUTI SOSIAL MEDIA KAMI

766FansSuka
1,620PengikutMengikuti
945PengikutMengikuti
iklan

Berita Populer

Berita Hari Ini